(021) 645-6282 / (021) 645-3817       info@osbondgym.com

ARTIKEL & TIPS

2 Cara Ampuh, Cepat Bangun Otot Tanpa Diet

Cara membentuk otot dengan cepat adalah dengan latihan yang keras. Jangan ragukan hal itu. Tapi, ada beberapa aspek lain yang juga harus Anda lakukan untuk membangun otot.

Muscle building atau membangun massa otot yang lebih tebal adalah goal dari sebagian besar fitnes mania. Mereka berlomba-lomba latihan dengan keras dengan harapan massa otot tumbuh dengan cepat. Meski begitu, tidak semua fitnes mania yang berlatih di gym memiliki goal fitness yang sama. Ada yang ingin turunkan berat badan, menambah berat badan, muslce building, atau sekadar menjaga massa otot agar tubuh tetap ideal. Cara membentuk otot banyak sekali yang bisa Anda temukan dari berbagai sudut pandang.

Dalam artikel ini kami akan mengajak Anda untuk bagaimana meningkatkan massa otot dengan tepat. Lebih dari angkat beban yang keras dan asupan kalori, ada 3 aspek lain yang juga perlu Anda perhatikan. Yaitu hormon, tidur (istirahat), dan suplementasi…

Ya, bukan hanya sekadar angkat beban yang keras atau melakukan diet yang tepat. Tapi juga tetap memperhatikan aspek lain seperti hormon, kualitas tidur, dan juga suplementasi sangat perlu untuk dilakukan agar hasil yang Anda dapat maksimal.

Cara Membentuk Otot dengan Cepat: Menjaga Produksi Testosteron

Angkat beban memang syarat utama cara membentuk otot dengan cepat. Selain itu juga diet atau pola makan juga perlu Anda lakukan. Lebih dari itu, Anda juga harus tetap memperhatikan kadar hormon dalam tubuh Anda. Terutama hormon anabolik, Testosteron. Hormon ini merupakan androgen yang paling terkenal dalam proses androgenik seperti membangun otot, lemak, dan beberapa aspek kognitif. Testosteron sangat penting untuk meningkatkan massa otot, terutama pada pria.

Berapa kadar hormon testosteron normal pada pria? Untuk kadar hormon testosteron pada pria, normalnya berkisar antara 350-400 nanogram/ desiliter. Jika di bawah angkat tersebut, maka bisa dipastikan tubuh pria mengalami testosterone deficiency syndrome (TDS). Ada beberapa faktor yang dapat menurunkan produksi testosteron. Antara lain bertumpuknya lemak dalam perut, konsumsi alkohol, kualitas tidur (ini yang akan kita bahas selanjutnya), makanan kaleng yang mengandung bisphenol A. Makanan sehari-hari Anda bisa mempengaruhi produksi hormon testosteron. Kekurangan zinc dalam diet dapat memperlambat produksi hormon penting ini. Bila Anda merasa produksi testosteron tubuh Anda rendah, Anda dapat mengonsumsi suplemen seperti DAA. Bukan hanya merangsang produksi hormon testosteron, fungsi dari DAA juga diperlukan untuk menjaga otot agar tetap maksimal. Bagaimana Cara Mengukur Kadar Hormon Testosteron?

Berikut ini ada cara sederhana yang mungkin bisa membantu untuk mengukur kadar hormon testosteron dalam tubuh Anda.

1. Tidur yang Cukup, Cara Membentuk Otot dengan Cepat

Faktor utama lain sebagai cara membentuk otot dengan cepat adalah pola istirahat atau tidur Anda. Sebenarnya ini sudah diketahui banyak fitnes mania yang ingin membentuk otot. Namun, aspek ini juga kerap kali diabaikan sehingga goal fitness mereka sedikit terhambat. Tidak ingin ini terjadi bukan?

So mulai sekarang perhatikan jadwal tidur Anda. Ritme sirkadian tubuh adalah pola tidur, dan ketika ritme sirkadian ini terganggu bisa menyebabkan peningkatan penumpukan lemak dalam tubuh. Dan dalam beberapa kasus, kurang tidur dapat menurunkan berat badan. Hanya saja, penurunan berat badan ini bukan dari lemak yang menyusut, tetapi massa otot. Tentu saja pada gilirannya nanti dapat menyebabkan peningkatan presentase lemak tubuh secara keseluruhan. Semakin banyak lemak yang terkumpul bisa menyebabkan produksi hormon testosteron turun. Ini dikarenakan tubuh menjadi kurang anabolik. Itulah sebabnya mengapa tidur merupakan faktor yang tak kalah penting sebagai cara membentuk otot. Tidak cukup hanya itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan hormon stres (kortisol) yang tentu saja hormon ini merupakan hormon katabolik yang dapat menghambat perkembangan massa otot. Selain bantu menambah massa otot Anda, tidur malam yang berkualitas juga banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Tips sederhana untuk mendapatkan tidur berkualitas saat malam hari;

• Hindari konsumsi kafein 2-3 jam sebelum tidur.
• Jangan mengonsumsi alkohol sebelum tidur.
• Hilangkan perangkat elektronik (smartphone, laptop) di tempat tidur Anda.
• Sebaiknya jangan latihan mepet dengan jadwal tidur.

2. Sempurnakan Cara Membentuk Otot dengan Suplementasi

Setelah membaca uraian di atas, pastinya Anda memahami betapa pentingnya produksi hormon testosteron sebagai cara membentuk otot.

Apabila produksi hormon ini terhambat, maka Anda akan semakin dijauhkan dari goal fitness Anda. Tidak ingin ini terjadi pada Anda? Apabila Anda mengalami penurunan produksi hormon testosteron, Anda bisa merangsang produksinya melalui DAA atau Asam Aspartat D Asam Aspartat D (D-aspartate, DAA) adalah asam amino non-esensial yang terlibat dalam sintesis testosteron. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen ini dapat meningkatkan produksi testosteron endogen.

Untuk alasan ini, binaragawan dan atlet laki-laki sering mengambil Asam Aspartat D untuk mendukung pertumbuhan otot dan kekuatan keuntungan. Suplemen ini juga digunakan oleh orang-orang yang ingin meningkatkan libido mereka, kinerja seksual dan kesuburan. Itu juga dapat digunakan sebagai anti-penuaan suplemen oleh laki-laki dengan kadar testosteron rendah seiring bertambahnya umur. Dengan kadar testosteron yang cukup dalam tubuh Anda, maka proses pemulihan (recovery) tubuh pasca latihan akan berjalan maksimal. Begitupun dengan tidur Anda. Anda akan dapatkan waktu tidur yang lebih berkualitas sehingga otot berkembang lebih optimal. Sudah siap untuk membentuk otot ideal Anda?

FREE TRIAL